Larangan Membersihkan Lidah Dengan Sikat Gigi



Kebersihan lidah adalah hal yang tidak kalah penting dari kebersihan gigi. Ternyata, lidah dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri, selain di gusi dan gigi. Kondisi lidah yang kotor dapat membuat napas Anda menjadi bau. Bahkan menurut American Dental Association lidah yang bersih dapat menurunkan bau mulut hingga 70%.

Kesalahan Pada Waktu Membersihkan Lidah
Banyak orang sudah tahu bahwa menggosok gigi minimal dua kali sehari itu adalah hal yang wajib. Namun, tak semuanya rutin ikut menggosok lidah, mungkin salah satunya adalah Anda. Sayangnya lagi, sebagian besar orang yang sudah rajin membersihkan lidah, melakukannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi. Padahal, ini adalah cara yang salah.

Resiko Membersihkan Lidah Menggunakan Sikat Gigi
Banyak orang menggunakan sikat gigi sebagai pembersih lidah. Mungkin yang ada difikirannya hanyalah sekedar membersihkan, padahal hal ini akan berdampak buruk bagi lidah dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Apa saja dampak buruk jika Anda menyikat lidah dengan sikat gigi ?
  • Dapat Menyebabkan Muntah
Menyikat lidah dengan sikat gigi dapat membuat Anda muntah secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena bakteri malah berkumpul di bagian mulut dan kemudian merangsang Anda untuk muntah.
  • Bakteri Semakin Bertambah 
Memang, tujuan kita dari membersihkan lidah adalah untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menumpuk pada permukaan lidah. Akan tetap jika Anda membersihkannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi, justru menekan bakteri yang ada di permukaan semakin masuk ke dalam lidah. Hal ini mengakibatkan mulut menjadi bau dan Anda berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan mulut lainnya.
  • Menurunkan Kemampuan Lidah 
Lidah adalah organ yang berperan sebagai pengecap rasa makanan, oleh karena lidah memiliki lebih dari 10 ribu kuncup pengecap. Kuncup pengecap ini adalah bagian lidah yang berfungsi untuk menerima rasa dari makanan yang dimakan.

Dengan adanya kuncup pengecap tersebut, Anda dapat merasakan setidaknya 4 rasa dasar makanan, yaitu manis, asam, asin, dan pahit. 

Dan ketika Anda menyikat lidahnya terlalu kuat, gesekan itu akan menyebabkan kuncup pengecap menjadi rusak. Ketika kuncup pengecap rusak, maka kemampuan Anda untuk mengecap dan merasakan rasa makanan akan berkurang.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Membersihkan Permukaan Lidah Dengan Benar ?
Jika Anda memperhatikan bagian belakang sikat gigi Anda, mungkin Anda akan melihat bentuk bergelombang atau bergerigi yang terbuat dari karet. Nah, bagian belakang sikat gigi tersebut digunakan untuk membersihkan lidah.

Ya, sikat gigi tidak hanya berfungsi untuk menggosok gigi saja, tetapi juga berfungsi untuk menjaga kebersihan lidah. Tapi ingat, gunakan bagian belakang sikat, bukan sikatnya, untuk menghindari kerusakan lidah dan berkembangnya bakteri yang makin banyak.

Komentar